Maret 04, 2011

XOR (Exclusive Or)

Xor atau dikenal sebagai exclusive or adalah salah satu operasi Boolean yang dapat digunakan dalam bahasa pascal. Xor dalam bahasa pascal juga dapat digunakan untuk operasi binary. Namun pada kesempatan ini KuraKura hanya akan membahas xor pada operasi Boolean dan menjelaskan logika dan contohnya.


Secara bahasa manusiawi, xor dapat disimpul sebagai ‘atau salah satu’ (ini sih bahasanya kurakura, kayaknya di Wikipedia bukan itu artinya). Contohnya begini, ‘pemenang mendapat hadiah mobil atau tunai’. Disini dimaksudkan bahwa pemenang hanya boleh mengambil hadiah berupa mobile atau hanya boleh mengambil hadiah berupa uang tunai. Pemenang tidak diperbolehkan mengambil keduanya. Pemenang pun tidak diperbolehkan tidak mengambil sama sekali (ini sih ngawur, mana ada penyedia hadiah yang gak mau hadiahnya gak diambil :P)

Dari contoh diatas, dapat kita simpulkan bahwa Xor akan bernilai TRUE jika A dan B (A,B:Boolean;) bernilai salah satunya TRUE dan salah satunya lagi bernilai FALSE. Berikut daftar kemungkinan dari A xor B..


A xor B
TRUE xor TRUE = FALSE
TRUE xor FALSE = TRUE
FALSE xor TRUE = TRUE
FALSE xor FALSE = FALSE

Didalam pascal, xor untuk operasi Boolean sudah tentu akan mengembalikan nilai berupa Boolean juga, hati-hati dalam penulisannya dan untuk meng-assign-nya ke dalam sebuah variable.

Sekian dari posting hari ini, KuraKura Programmer minta follow nya dong. Atau like page kami di facebook (KuraKura Programmer). Twitter coming soon! :)


Bye! Salam KuraKura :)

6 komentar:

  1. XOR itu bukan salah satu, coba apakah anda bisa jelaskan pake truth table 3 input?..XOR itu gerbang yang akan berlogic satu klau inputnya ODD Parity (Ganjil)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba xor untuk 5 input hasilnya 1 walaupun semua input 0.

      Hapus
    2. Mantapp emang, makasih gan

      Hapus
  2. Nice info gan, ini info yg ane cari wkwk

    BalasHapus